Ciri-ciri Murai Batur Over Emosi




Mengatasi Murai Batu yang over emosi bisa menjadi sukar atau mudah tergantung kondisi dan ciri-cirinya. Karena setiap burung memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda, ada yang mudah dikenali dan ada juga yang perlu waktu untuk dikenali. Oleh karena itu, pemilik harus memperhatikan kondisi burung secara seksama agar tidak salah dalam penanganannya.

1. Kontrol Pemberian Ekstra Feeding

Langkah pertama untuk mengatasi Murai Batu over emosi adalah mengontrol pemberian ekstra feeding. Pemberian ekstra feeding ini cenderung mempengaruhi emosi dan pertumbuhan dari burung itu sendiri. Ketika kondisi tubuh dan perkembangan tidak stabil, kemungkinan besar Murai Batu juga akan lebih emosi. Maka dari itulah, selalu kontrol pemberian ekstra feeding agar Murai tidak emosi selama waktu yang berkepanjangan.

2. Mendapatkan Settingan yang Tepat

Maskud dari mendapatkan settingan yang tepat adalah menyeimbangkan semua yang ada di burung tersebut. Ketika birahi, emosi, dan stamina bisa seimbang, maka kemungkinan besar Murai Batu tidak mudah agresif. Cobalah lakukan trial error terlebih dahulu, mengingat kondisi setiap burung juga berbeda.

3. Penjemuran yang Sesuai

Salah satu cara mengatasi Murai Batu over emosi adalah penjemuran yang sesuai dan tidak berlebihan. Karena penjemuran yang tidak sesuai bisa menyebabkan kondisi burung lebih stress dan bahkan cenderung agresif. Maka dari itulah, penjemuran yang sesuai juga merupakan langkah awal agar burung Murai tidak mudah emosi.

4. Melihat Kondisi Birahinya

Kondisi birahi sangat mempengaruhi emosi dari burung Murai itu sendiri, bahkan hampir 90% burung akan lebih agresif. Maka dari itu, melihat kondisi burung saat lagi birahi juga harus pemilik perhatikan. Ketika kondisi birahi tersebut tidak disalurkan oleh burung, maka burung juga akan lebih mudah stress. Ketika kondisi burung stress, maka akan menyebabkan kondisi emosinya juga tidak stabil.

5. Mengamati Karakter Burung

Semua tipe burung memiliki karakteristik yang berbeda, baik dari satu burung dengan burung yang lainnya. Ketika karakter burung Murai yang kalian miliki cenderung galak, berarti burung tersebut tidak sedang over emosi. Hal tersebut karena burung Murai itu memiliki karakter yang galak dan sudah dari lahirnya seperti itu. Kalau karakternya cenderung galak, maka pastikan burung Murai tersebut mendapatkan asupan makanan yang sesuai.

Copyright 2022. Di Desain oleh DadangGacorr